Proses mutasi peserta didik (PD) dan pendidik/tenaga kependidikan (PTK) pada dapodik dianjurkan melalui sistem tarik online. Sistem mutasi secara online ini sangat meringankan beban operator karena tidak perlu mengentri ulang data PD atau PTK dari awal. Caranya pun sangat mudah, anda tinggal masuk ke laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ . Klik login operator sekolah dan kemudian pilih menu Tarik Peserta Didik.
Tarik PD atau PTK dari sekolah lain memerlukan kerjasama dengan operator sekolah asal. Banyak kasus Peserta didik sulit untuk ditarik karena PD yang bersangkutan belum dikeluarkan dari dapodik di sekolah asal. Untuk itu sangat diperlukan nomor telepon operator sekolah dari sekolah asal PD bersangkutan supaya bisa menghubungi operator tersebut dan minta agas siswa yang mutasi dikeluarkan dari dapodik. Namun sebagain besar surat keterangan pindah tidak mencantumkan no telepon sekolah/operator yang bisa dihubungi.
Untuk mengetahui nomor telepon operator sekolah, kita bisa melihatnya di portal SDM-PDSPK. Login dengan user id dan password yang telah terdaptar di sana. Secara lengkapnya langkah-langkah pencarian no telepon operator sekolah dapat dilihat di bawah ini :
1. Masuk ke alamat http://sdm.data.kemdikbud.go.id . Login dengan user id dan password yang telah terdaftar di sana.
2. Setelah login berhasil, klik panah kecil di sebelah kanan menu Anggota.
3. Selanjutnya klik `Rekap Menurut Instansi`
4. Ketikan NSPN, email atau nama sekolah di kotak yang tersedia, klik filter.
5. Klik detail di sebelah kanan, maka biodata operator sekolah akan terbuka, termasuk nomor telepon operator sekolah tersebut.
Bila pencarian melalui NPSN tidak mendapatkan hasil, coba pencarian dilakukan dengan mengetikan email atau nama sekolah. Bisa juga pencarian dilakukan dengan mengklik total instansi pada satuan pendidikan. Pilih total satuan pendidikan propinsi, kabupaten, kecamatan dan sekolah yang dimaksud secara berurutan. hanya saja pencarian ini memakan waktu yang cukup lama.