International Education Trip (I-Dutrip) 2023

Alhamdulillahirobbil’alamin

Pelaksanaan International Education Trip (I-Dutrip) Program 2023 berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini merupakan Program Unggulan SD Muhammadiyah 1 Samarinda Tahun Ajaran 2023-2024 untuk peserta didik kelas 4,5, dan 6 agar dapat belajar hidup lebih mandiri, berpikir kreatif, mendapatkan pengalaman internasional, serta melihat dan merasakan secara langsung suasana sekolah di luar negeri.

I-Dutrip Program 2023 diikuti oleh 59 peserta dari SD Muhammadiyah 1 Samarinda. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 8-14 Oktober 2023 ini menjelajah 3 negara, yakni Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Seluruh peserta didik yang ikut dalam program ini berkesempatan untuk mengikuti pembelajaran di dalam kelas dan dibimbing langsung oleh para Cik Gu di Sekolah Rendah Islam Integrasi (SRII) Al Amin Bukit Beruntung, Selangor, Malaysia. Seluruh pimpinan, guru, dan peserta didik di sana memberikan sambutan dan keramahan yang luar biasa atas kunjungan ini. Rasa syukur mendalam disampaikan oleh kedua belah pihak untuk ukhuwah yang terjalin dengan penuh kasih sayang ini.
Dari Selangor, trip dilanjutkan ke Hatyai, Thailand. Seluruh peserta I-Dutrip mengunjungi beberapa situs bersejarah, seperti Songkhla Central Mosque dan Sleeping Buddha.

Perjalanan selanjutnya adalah Singapura. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Singapura telah menjadwalkan kunjungan SD Muhammadiyah 1 Samarinda di tanggal 12 Oktober 2023. Rombongan ini disambut langsung oleh Bapak I Gusti Agung Ketut Satrya Wibawa, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, didampingi oleh Bapak Juviano Dos Santos Ribeiro, Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI untuk Singapura.

Dari KBRI untuk Singapura, rombongan lanjut ke Mesjid Sultan untuk solat Zhuhur dan Ashar. Kemudian rombongan langsung bertolak ke Sentosa Island untuk menyaksikan pertunjukan The Wings of Time. Ekspresi bahagia tampak sekali dari wajah mereka.

Di hari terakhir, semua peserta didik dan guru-guru pendampingnya menghabiskan waktu dengan bermain di Legoland, Johor Bahru, Malaysia. Meskipun tampak lelah, namun jelas sekali semua peserta puas dengan perjalanan ini.

Dengan program International Education Trip (I-Dutrip), diharapkan SD Muhammadiyah 1 mampu meningkatkan global networking menuju sekolah bertaraf internasional. Dengan minat yang luar biasa dari wali murid yang ingin mengikutsertakan putera puterinya dalam program ini, tentu saja kegiatan akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

#idutrip2023

#sdmuh1smd

#studentstodayleaderstomorrow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *